CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Friday, February 27, 2009

Sejarah Musik Country

Musik country adalah campuran dari unsur-unsur musik Amerika yang berasal dari Amerika Serikat Bagian Selatan tepatnya dipegunungan appalachia. Musik ini lahir dari lagu rakyat Amerika Utara dengan campuran musik kelt, musik gospel, dan mulai tersengar tahun 1920-an.

Musik country sendiri sebenarnya menggantikan istilah musik hillbilly mulai dipakai sekitar tahun 1940-an. Ini dilakukan untuk menghilangkan kesan kumuh dan rendah dari musik hillbilly. Tahun 1970-an, istilah musik country telah menjadi istilah populer. Banyak nama yang diberikan seperti country and western, tapi nama ini sudah hilang kecuali di wilayah Inggris dan Irlandia.

Penyebaran musik ini pada abad ke-19, di awali oleh kelompok imigran di Amerika serikat yang berasal dari Eropa, terutama Irlandia, Britania Raya, Jerman, Spanyol, dan Italia pindah ke Texas. kelompok dari berbagai bangsa tersebut berinteraksi dengan orang Spanyol, orang Meksiko-Amerika, penduduk asli Amerika Serikat, dan pemukim Amerika Serikat yang lebih dulu menetap di Texas. Sebagai hasilnya, ditexas berkembang kebudayaan dengan ciri-ciri khas yang berakar dari kebudayaan negara asal pemukim.

Cowboy (penggembala sapi) memang di didentifikasikan dengan musik country. Musik ini lahir pada rekaman permainan biola country John Carson dengan judul rekamannya "Little Log Cabin in the Lane" oleh Okeh Records pada tahun 1923.

Selanjutnya lahir rekaman selanjutnya dengan genre yang sama oleh Columbia pada tahun 1924 "Old Familliar Tunes". Sebelumnya steel guitar masuk country pada tahun 1922, dimana Jimmie Tarlton bertemu dengan Hawaiian guitarist Frank Ferera di pantai barat Amerika.

Mulai tahun 1927, selama 17 tahun Carters merekam lebih dari 300 old-time ballads, lagu traditional, lagu country, dan lain lain. Selanjutnya pada tahun 1930 dan 1940-an lagu cowboy menjadi populer di semua film Hollywood. Dan tahun 1939 irama Boogie-woogie menjadi terkenal.

Jenis lain musik country salah satunya hanya memakai gitar, bass, dobro atau steel guitar (dan nantinya drum) menjadi populer di kalangan orang kulit putih kelas menengah ke bawah di Amerika Serikat bagian selatan. Irama yang nantinya di sebut honky tonk ini berasal dari Texas.

Definisi irama honky tonk bila diposisikan akan berbunyi "sedikit dari sini, sedikit dari sana, sedikit hitam, sedikit putih....cukup keras agar engkau tidak banyak pikir-pikir dan langsung memesan wiski."

Al Dexter dari Texas Timur sukses mencetak lagu hit "Honky Tonk Blues", dan beberapa tahun kemudian dengan "Pistol Packin' Mama"

Sumber : Hot Chord